Beranda | Artikel
Membantu Anak Untuk Menjelaskan Keinginannya
Senin, 26 Februari 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Membantu Anak Untuk Menjelaskan Keinginannya merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 10 Sya’ban 1445 H / 20 Februari 2024 M.

Kajian Tentang Membantu Anak Untuk Menjelaskan Keinginannya

Di dalam konteks mendidik anak, kita perlu mendengar juga. Anak harus dilatih untuk bisa mengungkapkan apa yang ada di dalam hati dan pikirannya, supaya dia terlatih untuk mengungkapkan hal-hal yang tersembunyi di dalam hatinya. Sebagian orang kadang-kadang karena tidak mampu berkomunikasi, segala sesuatu dia pendam sendiri. Dan ini terasa berat bagi seseorang, ketika dia tidak mampu untuk mengungkapkan isi hatinya. Maka kita perlu melatih anak-anak untuk bisa mengungkapkan dengan baik apa yang ada di dalam hatinya.

Ada beberapa poin yang sudah kita bahas. Terakhir, kita membahas tentang teladan yang kita ambil dari Nabi Ibrahim ‘Alaihish Shalatu was Salam ketika mempersilakan anaknya Ismail untuk menyampaikan pendapat. Beliau ingin mendengar apa reaksi dan tanggapan dari anaknya ketika turun perintah untuk menyembelih dirinya. Ini salah satu pelajaran dan teladan yang bisa kita ambil dari para nabi dan rasul saat berinteraksi dengan anak-anak.

Poin berikutnya adalah bantulah anak atau remaja untuk fokus menjelaskan apa yang dia inginkan. Apakah dia hanya ingin mengungkapkan perasaannya, istilah hari ini “curhat”, atau apakah dia ingin kita terlibat di dalam masalahnya untuk memberi pendapat tentang masalah-masalah yang dihadapinya, atau sebenarnya dia minta bantuan? Jadi tentunya kita perlu menyimak dengan baik. Kita harus bisa menangkap sinyal yang disampaikan dari ungkapannya. Karena kadang-kadang anak itu hanya sekedar curhat saja, sementara orang tua menanggapi anak ini ingin kita ikut campur. Ternyata, anak tidak ingin kita ikut campur, misalnya. Sehingga ia mengabaikan ide kita.

Ada masanya anak ingin orang tuanya terlibat dan ikut memberikan solusi dari masalahnya. Tapi ternyata, orang tuanya salah memahami karena tidak menyimak dengan baik. Hingga dia cuek saja. Ini akan membuat kesal anak juga. Maka perlu menyimak dengan baik supaya tahu apa sebenarnya keinginannya. Karena memahami manusia perlu mendengarkannya.

Maka tentunya, ketika anak mau berbicara, jangan dipatahkan sehingga dia cenderung jadi pendiam nantinya. Karena ucapannya selalu dipotong, perkataannya selalu disanggah, selalu salah. Di dunia ini, sesalah-salahnya orang pasti ada sisi benarnya, sebenar-benarnya orang pasti ada sisi salahnya. Namanya manusia tidak maksum, penuh dengan kesalahan. Orang yang bijaksana adalah orang yang bisa melihat sisi positif dari manusia. Karena kalau untuk melihat sisi negatif, tidak perlu keterampilan dan kecerdasan. Apalagi dibantu setan, untuk melihat sisi negatif itu tidak perlu effort yang besar. Tapi untuk bisa melihat sisi positif ini perlu kecerdasan dan kebijaksanaan. Hanya orang yang bijaksana yang bisa melakukan itu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53952-membantu-anak-untuk-menjelaskan-keinginannya/